Tips Memilih MicroSD Untuk Smartphone

MicroSD adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari android, iPhone, maupun Windows Phone. Apalagi smartphone sekarang sudah memiliki kamera yang berresolusi tinggi, efeknya file 1 file foto saja bisa lebih dari 1 Mb, bagaimana dengan video? ya sobat bisa bayangkan sendiri seperti apa. Namun ternyata tidak semua MicroSD bisa compatible dengan smartphone anda, bisa fatal akibanta apabila dipaksakan. Untuk itu Ada banyak hal yang kamu harus ketahui terlebih dahulu sebelum kamu mau membeli MicroSd. Jika kamu belum tahu, sebenarnya ada tiga tipe yang harus kamu ketahui sebelum membeli microSD. Apa saja itu?

Tips Memilih MicroSD Untuk Smartphone


Micro SD

1. Versi Android
Kebanyakan HP Android itu sudah didukung dengan slot microSD. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan data seperti foto, musik, video, aplikasi, dan data game. Bahkan, di versi Android 6.0 Marshmallow, sudah ada fitur bernama Adoptable Storage, yang mana akan membuat kartu microSD sama seperti memori internal. Dengan begini, kekuatan memori eksternal bisa sama dengan memori internal, yang berarti kamu bisa menjadikannya sebagai bagian dari sistem.  

2. Spesifikasi

SDSC atau SD (Secure Digtial Standard Capacity)

Tipe yang satu ini merupakan sebuah microSD yang memiliki ukuran kapasitas yang kecil. MicroSD ini memanfaatkan sistem file FAT16. Ini adalah tipe SDcard termurah yang ada di pasaran.

SDHC (Secure Digital High Capacity)

Memori jenis seperti ini merupakan kartu memori yang memiliki kapasitas dari rentang 4 GB sampai 32 GB dan memanfaatkan sistem file FAT32. Karena memiliki format yang berbeda, microSD ini tidak akan cocok dengan perangkat yang hanya menerima format SD.

SDXC (Secure Digital Extended Capacity)

Kartu memori tipe terakhir ini merupakan memori yang memiliki kapasitas dari 64 GB sampai 2 TB dan menggunakan format exFAT. Tentu saja format ini tidak akan masuk ke perangkat yang hanya mendukung SD dan SDHC.

3. Kapasitas

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada tiga tipe kartu memori di dunia ini. Nah, untuk itu, tinggal bagaimana kamu memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan dukungan perangkat kamu.Saat ini, teknologi microSD sudah bisa mendukung sampai 2 TB. Tapi ingat, jangan asal beli. Kamu pertimbangkan dulu sebanyak apa kira-kira kamu membutuhkan sebuah kartu memori. Kemudian, seberapa besar smartphone kamu mendukung kapasitas tersebut. Jangan salah lagi ya.

4. Kecepatan

baca juga : Tips Hemat Kuota dan Baterai

Untuk kartu memori, ada beberapa kelas yang mesti kamu ketahui sebelum membeli itu. Klasifikasi kelas untuk kartu memori sendiri itu menandakan seberapa cepat mereka bisa membaca dan menerima data. Seperti apa kelas-kelas tersebut? Lihat di bawah ya.

    Class 2, kelas ini merupakan kelas terbawah yang sebenarnya sangat tidak direkomendasikan untuk kamu.

    Class 4, kelas ini setidaknya cukup baik untuk kamu gunakan. Namun, alangkah baiknya kamu beli kelas yang lebih tinggi.

    Class 6, kelas ini yang direkomendasikan untuk kamu. Sebab, dengan harga yang terjangkau, kamu masih bisa menggunakan memori di kelas ini tanpa harus takut data kamu korup.

    Class 10, merupakan kelas terbaik yang bisa kamu gunakan untuk smartphone Android kamu. Kamu juga bisa merekam video dengan kualitas Full HD 1080p @ 60fps tanpa patah-patah.

5. Dukungan Sistem File

Sistem file yang paling direkomendasikan untuk sebuah kartu memori SD atau SDHC adalah FAT32. Jadi, jika kamu ingin menghubungkannya dengan komputer, maka jangan pernah mengubah format FAT32. Kelemahan dari FAT32 adalah memori ini tidak bisa mendukung sebuah file yang memiliki ukuran lebih dari 4 GB dan kapasitas memori lebih dari 2 TB. Kalau mau seperti itu, maka kamu bisa menggunakan sistem file SDXC.

6. Merk

Ketika kamu ingin membeli sebuah kartu memori microSD, kamu harus mempertimbangkan masak-masak sebuah brand tertentu. Sebab, reputasi sebuah merek itu sangat penting untuk hal seperti ini. Kamu tidak mau kan data kamu korup karena pakai sembarang merek? Kalau kamu mau beli microSD yang memiliki garansi dan akses untuk memulihkan data, kamu bisa memilih beberapa brand seperti SanDisk, Samsung, dan Transcend.

Hati-hati juga dalam pemilihan merk, sekarang sudah banyak barang bajakan.

Itulah tips memilih MicroSD Untuk SMartphone anda, semoga bermanfaat. 

sumber : jalantikus.com