Hati-hati, Merk Smartphone Ini Sering Dipalsukan

Smarthphone Asli & Smartphone Palsu
Sejak android memasuki ponsel, kebutuhan akan smartphone saat ini sudah tidak bisa dibendung. Ponsel yang awalnya hanya untuk kebutuhan pesan teks dan pesan suara ini kini telah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Memang tak bisa dipungkiri lagi jika smartphone memiliki banyak manfaat yang bisa membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari lebih mudah.


baca juga : Android Vs iPhone, Kamu Pilih Mana?

Saat ini beberapa produk smartphone telah mendunia karena memiliki kualitas yang sangat baik. Setiap produk smartphone itu pun telah memiliki banyak penggemar yang setia menunggu smartphone keluaran terbaru dari produsen. Beberapa nama seperti iPhone dari Apple, Samsung hingga smartphone asal Tiongkok seperti Xiaomi hingga Oppo tentunya sudah sangat familiar kan di telinga kita? Meroketnya popularitas beberapa merk smartphone itulah yang memicu banyak orang tak bertanggung jawab untuk membuat smartphone tiruan.

Dikutip dari Zdnet, di Tiongkok banyak sekali ditemukan produk smartphone palsu. Bisa dibilang produk home industri karena disana untuk mencari sparepart smartphone tidaklah susah. Merk yang paling banyak dipalsukan diantaranya :

Samsung - Mungkin sebagian dari kalian menyebutkan bahwa samsung lah kiblatnya smartphone, dan memang tak bisa dippungkiri masih banyaknya peminat smartphone asal Korea ini. Orang-orang tak bertanggung jawab itu memilih memalsukan samrtphone Samsung model high-end seperti Galaxy S7 Edge, Samsung W2017 dan Samsung W2016. Menurut Antutu yang juga menjadi perusahaan aplikasi keamanan yang bergerak di Tiongkok menyatakan bahwa sebanyak 43,6 persen smartphone Samsung telah dipalsukan di Negeri Tirai Bambu tersebut nih  Data yang diambil oleh perusahaan tersebut berasal dari hasil pemindaian sebanyak 6,96 juta handset di paruh pertama tahun 2017 ini.

iPhone - Masih menurut Zdnet,mereka menyetakan bahwa iPhone juga menjadi merk terbanyak kedua yang dipalsukan dengan prosentase sebanyak 10 persen. Saat dipalsukan, iPhone palsu itu ternyata dibekali dengan OS Android tapi dibuat sangat mirip dengan iOS. Sehingga para pembeli yang awam pun tak akan bisa mengerti apakah smartphone mereka itu adalah barang tiruan.

iPhone Asli & iPhone Palsu
Xiaomi - Selain itu, masih ada beberapa merk smartphone lain yang juga dipalsukan seperti Xiaomi dengan 7,8 persen,
  
Xiaomi Asli & Xiaomi Palsu

Oppo - dengan 6 persen dan

Oppo Asli & Oppo Palsu


Huawei - dengan presentase 5,5 persen.
Huawei Asli & Huawei Palsu
Semua samrtphone palsu itu pun dijual dengan bebas di Tiongkok dan tetap laris pembeli karena mereka tak tahu jika barang itu hanyalah imitasi belaka. Banyaknya smartphone palsu seperti ini harus membuat kita lebih waspada saat akan membeli smartphone baru ya. Saya sarankan membeli langsung dari distributor/outlet resmi.